Kamis, 17 Juli 2008

TUGAS 1 FILSAFAT UMUM

I. Sigmun Freu

Stuktur kepribadian manusia itu terdiri dari id, ego, dan superego.

a. Id
Id
adalah struktur paling mendasar dari kepribadian yang berisi implus agresif dan libinal, sistem kerjanya tidak sadar "alam bawah sadar", dengan prinsip kesenangan demi memperoleh kepuasan dorongan primitif.
Dari pernyataan Sigmun Freud di atas, maka kita dapat berfilsafat, yaitu bahwa id terletak di dalamalam bawah sadar, id itu sendiri sudah ada sejak manusia lahir yang merupakan sumber utama dari energipsikis dan tempat timbulnya insting. Id itu sendiri tidak memiliki organisasi, buta, dan banyak tuntutan dengan selalu memaksakan kehendaknya.

b. Ego
Ego
adalah strutur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil kepuusan atas perilaku manusia.
Dari pernyataan Sigmun Freud di atas, maka kita dapat berfilsafat, yaitu bahwa ego ini muncul disebabkan oleh kebutuhan dari suatu organisme, seperti manusia lapar yang butuh makan. Jadi,
lapar adalah kerja Id dan yang memutuskan untuk mencari dan mendapatkan serta melaksanakan itu adalah kerja ego

c. Superego
superego
adalah yang memegang keadilan atau sebagai filter dari kedua sistem kepribadian, sehingga tahu benar-salah, baik-buruk, boleh-tidak dan sebagainya. Di sini superego bertindak sebagai sesuatu yang ideal, yang sesuai dengan norma-norma moral masyarakat.
Dari pernyataan Sigmun Freud di atas, maka kita dapat berfilsafat, yaitu bahwa superego dimiliki oleh manusia seutunya, karena superego mengalamai perkembangan lebih lajut dari id dan ego, yakni kemampuan untuk berpikir dan mampunyai perasaan atau peka, sehingga memiliki rasa keingintahuan yang besar.

II. Maslow

Lima (5) kebutuhan dasar Maslow di susun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial:

1. Kebutuhan Fisiologis
Contohnya adalah: Sandang/pakaian, pangan/makanan, papan/rumah, dan kebutuhan biologis seperti; buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lin sebagainya.
2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan
Contoh seperti: Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dan lain sebagainya.
3. Kebutuhan Sosial
Misalnya adalah: memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan sebagainya.
4. Kebutuhan Penghargaan
Contoh: pujian, pigam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.
Dari lima teori Maslow di atas, maka dapat kita ketahui bahwa kebutuhan ynag sangat mendasar dalam hidup ini yaitu Kebutuhan Fisiologis, yakni kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan ini timbul sejak seorang manusia lahir hingga meninggalnya. Tanpa pemenuhan kebutuhan priper untuk fisik jasmani ini, seorang manusia tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya. Terutama kebutuhan makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar demi terpenuhinya keinginan perut, yang menjadi pusat kebutuhan fisik manusia. Kebutuhan ini dikatakan sebagai kebutuhan yang sangat mendasar karena jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi, maka akan terjadi kegoncangan atau ketidakstabilan. Contoh; seseorang yang dalam keadaan lapar dan darurat akan melakukan tindaka kejahatan, seperti; mencuri, mencopet, menjambret dan bisa jadi ia membunuh demi mendapatkan sasaran yang ia tuju.

Tidak ada komentar: